Jakarta ( BlogWartaMerdeka ) - Kementerian Pariwisata menargetkan pencapaian jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini sebesar 17...
Jakarta (BlogWartaMerdeka) - Kementerian Pariwisata menargetkan pencapaian jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini sebesar 17 juta dan diharapkan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019. Pada 2018, peningkatan jumlah kunjungan wisman dari Singapura ditargetkan sebanyak 1,7 juta orang. Peningkatan target wisman ini diikuti dengan pengeluaran kebijakan seperti free visa untuk 169 negara, kebijakan baru terkait CAIT dan juga gencarnya hardselling dan kerjasama dengan maskapai penerbangan dan wholesalers.
I Gde Pitana, Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata mengatakan, Indonesia melalui Kementerian Pariwista akan berpartisipasi pada pameran Travel Revolution 2018 di Marina Bay Sands, Singapura, yang diselenggarakan dua kali setahun oleh Singapore Outbound Travel Agents Association (SOTA). Ajang travel fair ke – 4 ini merupakan even yang sangat potensial untuk melanjutkan program promosi Kemenpar yang fokus pada branding, advertising dan selling karena merupakan pameran B to C (Consumer Show) yang memungkinkan para pelaku industri di Indonesia memperluas jejaring pasar mereka dan menawarkan paket-paket wisata Indonesia.
Pada partisipasi tahun ini, Indonesia menampilkan paviliun seluas 54 sqm (6 booth) dengan mengangkat tema kapal Pinisi sebagai icon yang menjadi ciri khas booth Indonesia di pameran.
Peserta yang bergabung di paviliun terdiri dari 12 table untuk digunakan oleh industri pariwisata Indonesia yang berasal dari ensm provinsi yaitu Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Jawa Barat, D. I Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat. Selain sebagai ajang promosi destinasi wisata di Indonesia kepada masyarakat Singapura, Travel Revolution diharapkan bisa menghasilkan transaksi yang signifikan dari hasil penjualan paket wisata dalam upaya mendatangkan wisatawan mancanegara ke Indonesia.
Selama tiga hari pameran, akan ada banyak aktivitas yang akan dapat dinikmati pengunjung di booth Indonesia seperti coffee & refreshment corner, Spa Corner, Virtual reality video 360º, gimmick and gift Redemption, Peta Indonesia Interaktif dan juga pertunjukan kesenian budaya dari tim Wonderful Indonesia.
Kemenpar mulai menggencarkan strategi Selling terutama pada pasar utama di antaranya dengan berpartisipasi pada evennpameran pariwisata internasional untuk mempromosikan Wonderful Indonesia. Selain akan bertemu dengan kurang lebih 80.000 pengunjung, Seller Indonesia juga dapat menjalin networking dengan agen lokal Singapura yang berpartisipasi maupun anggota SOTA.
Misi ganda Kemenpar dalam ajang ini, selain promosi dan selling destinasi wisata, Wonderful Indonesia juga ikut mempromosikan agenda wisata sepanjang 2018 unggulan serta ASIAN Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September mendatang (fm) | Foto: abri | Sumber : IndonesiaMandiri